Chrome Pointer Akbar Rifqi Blog: RANGKUMAN MATERI BAB 3 "KECEPATAN AKSES INTERNET"
Loading...

RANGKUMAN MATERI BAB 3 "KECEPATAN AKSES INTERNET"

  Halo lagi. Kali ini saya akan share tentang rangkuman bab 3  buku TIK SMP kelas 9 Karya Doni Wahyudi. Sebenarnya blog saya sudah tidak...

 

Halo lagi. Kali ini saya akan share tentang rangkuman bab 3  buku TIK SMP kelas 9 Karya Doni Wahyudi. Sebenarnya blog saya sudah tidak bisa diblok dengan cursor tetapi ada teman saya ada yang bisa memblok tulisan saya.Jadi silahkan kalau kamu mau copas rangkuman bab 3 ini tetapi tolong dicantumkan sumbernya ya. 

PENGERTIAN KECEPATAN AKSES INTERNET

Kecepatan akses internet adalah kecepatan transfer data pada saat melakukan akses melalui jalur internet. Terdapat dua macam kecepatan akses internet, yaitu downstream dan upstream. Downstream merupakan kecepatan pada saat kita mengambil data – data dari server internet ke komputer kita. Misalnya, saat kita masuk ke search engine, browsing, dan lain – lain. Adapun upstream adalah kecepatan transfer data yaitu saat kita mengirimkan data dari komputer ke server. Baik downstream maupun upstream memiliki satuan kecepatan transfer data yaitu bps bit per sekon. Artinya, banyaknya bit data yang dipindahkan dari satu komputer ke komputer lain tiap detiknya.

SATUAN PAKET DATA
Kecepatan akses internet dihitung dari jumlah data yang dikirim dalam satuan waktu. Jika kita mengirim 1kb file/detik, berarti kita telah mengirim 1.000 byte, dengan 1 byte = 8 bit maka data yang dikirim sama dengan 8.000 bit = 8 kbps kilo bit per sekon. Untuk satuan yang lebih besar mengggunakan Mbps mega bit per sekon berarti 1000 kbps.
 
PENGERTIAN KECEPATAN TRANSFER DATA

Kecepatan transfer data adalah banyaknya paket data yang dapat dikirim atau diterima komputer setiap satu satuan waktu. Satuan kecepatan transfer data adalah bps (bits per second). Untuk mengirimkan data , komputer akan menambahkan 1 bit di depan sebagai awal data dan 1 bit di akhir data, sehingga setiap karakter diwakili 10 bits. Dalam komputer dikenal satuan bit, yaitu binary digit atau angka biner. 

SATUAN PAKET DATA

Secara umum satuan paket data yang sering digunakan dalam komputer adalah sebagai berikut:
1 byte = 8 bit = 1 karakter

1 KB = 1 kilobytes = 210 bytes = 1.024 bytes

1 MB = 1 Megabytes = 220 bytes = 1.048.576 bytes

1 GB = 1 Gigabytes = 230 bytes = 1.073.741.824 bytes

BEBERAPA KECEPATAN AKSES INTERNET
1. Dial-up 
Cara menghubungkan komputer ke internet adalah menggunakan kabel telepon biasa atau lebih sering disebut dengan dial up. Dial-up melalui jalur PSTN (Public Switched Telephone Network) adalah cara kalian terhubung ke ISP (Internet Service Provider) melalui jaringan telepon reguler (PSTN), contohnya adalah “Telkomnet Instan” dari ISP Telkom.
Komputer yang digunakan dial-up pada umumnya adalah sebuah komputer tunggal. Kecepatan akses internet menggunakan dial-up dapat mencapai maksimal dengan kecepatan 56 kilo byte persecond (kbps).
  
2. ADSL
ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line) adalah suatu teknologi modern yang bekerja pada frekuensi antara 34 kHz sampai 1.104 kHz. Inilah penyebab utama perbedaan kecepatan transfer data antara modem ADSL dengan modem konvensional. Keuntungan ADSL adalah memberikan kemampuan akses internet berkecepatan tinggi dan suara/fax secara simultan. 

3. GPRS 
3G adalah singkatan dari istilah dalam bahasa Inggris: third generation technology. Istilah ini umumnya digunakan mengacu kepada perkembangan teknologi telepon nirkabel (wireless).
                 
3G dapat memberikan kecepatan akses berikut :

     a. Sebesar 144 Kbps untuk kondisi mobile.

     b. Sebesar 384 Kbps untuk kondisi berjalan (pedestrian).

     c. Sebesar 2 Mbps untuk kondisi statik di suatu tempat. 

4.WiFi
Wirelless Fidelity (WiFi) adalah koneksi tanpa kabel seperti handphone dengan menggunakan teknologi radio, sehingga pemakaiannya dapat mentransfer data dengan cepat dan aman. WiFi tidak hanya dapat digunakan untuk mengakses internet, tetapi WiFi juga dapat digunakan untuk membuat jaringan tanpa kabel di perusahaan.
Salah satu kelebihan WiFi adalah kepraktisan, tidak perlu memasang kabel network.
WiFi dapat langsung dipakai di ruangan yang telah tersedia  Hotspot. Hotspot adalah istilah yang digunakan bagi jaringan internet berbasis WiFi sebuah ruangan. Kecepatan akses internet melaluiWiFi cukup cepat

5. Wibro
Wireless Broadband memungkinkan akses internet broaadband ke berbagai perangkat. Dari segi mobalitas, Wibro juga dinilai lebih efisien dari pada WiFi yang sekarang menjadi standar internet nirkabel. Jangkauan Wibro dapat diakses sampai jarak 1 KM dari stasiun pemancarnya.
Wibro dikembangkan Samsung bersama dengan Electronics and Technology Research Institute (ETRI) dan telah mendapat sertifikat dari Wimax Forum. Kecepatan transfer data Wibro mampu mengungguli kecepatan transfer data berplatform HSDPA

6.LAN
Local Area Network (LAN) adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil
Untuk membentuk LAN sering digunakan teknologi Ethernet dan WiFi.
  
7. TV Kabel 
Kelebihan mengakses internet dengan menggunakan jaringan TV kabel adalah dapat mengakses internet setiap saat dan bebas dari gangguan telepon sibuk.
Jaringan TV kabel ini dapat dipakai untuk koneksi ke internet dengan kecepatan maksimum 27 Mbps downstream dan 2,5 Mbps upstream. Agar dapat menggunakan modem kabel, komputer harus dilengkapi dengan kartu ethernet (Ethernet card). TV kabel menggunakan kabel koaksial yang dipasang sebuah “pemisah saluran”.

Menghitung kecepatan akses internet
Kecepatan akses internet dapat dihitung dengan mudah melalui aplikasi pengukur kecepatan akses internet.

Cara menggunakannya :

  1. Masuk ke web site nya
  2.  arahkan pointer mouse ke salah satu kota. Akan terlihat salah satu piramida berbeda yang berwarna kuning, itu adalah kota yg paling di anjurkan
  3. Setelah klik salah satu piramida maka speed test.net akan mulai melakukan pengetesan dengan melakukan komunikasi antara komputer di tempat kalian berada dengan server yang dipilih. 
Perbedaan GSM dan CDMA  
Secara Umum :

GSM [ Global System For Mobile ]

       Jaringanya sudah luas hingga ke pelosok sudah disediakan contohnya : telkomsel 

       Keamanan jaringan mudah di sadap

       Biaya nya mahal baik itu untuk nelpon atau pun internet

CDMA [ Code Division Multiple Accses ]

       Jaringan belum luas hanya di kota saja

       Keamana  jaringan susah disadap

       Biaya murah baik itu nelpon atau pun internet



Sumber : Buku TIK SMP Kelas 9 Karya Doni Wahyudi

Ya cuma segitu rangkuman bab 3 ini.Ya semoga artikel ini berguna.
 
 
 
 
Tugas 1420449425069210805

Post a Comment

emo-but-icon

Home item

Jam

Pengunjung

Sumber

www.pulsk.com
www.kaskus.co.id